December 05, 2011

Versailles

      Versailles adalah sebuah grup musik yang dibentuk oleh Kamijo dan Hizaki pada tahun 2006. Kamijo adalah mantan personil Lareine, sebuah band visual key yang populer pada tahun ’90-an. Hizaki pernah bergabung dengan band Sulfuric Acid dan pernah membuat sebuah proyek tunggal bernama Hizaki grace project. Mereka kemudian merekrut JasmineYou (mantan personel Jakura), Yuki (mantan personil Sugar Trip), dan Teru (mantan personil Aikaryuu). Mereka semua sempat bekerjasama dalam Hizaki grace project. Semula Teru hanyalah additional player, namun sejak Juli 2007 ia menjadi personil tetap. Versailles secara resmi berdiri pada tahun 2007 (masih berstatus indie). Aliran musik mereka bergenre symphonic metal, power metal, dan neo clasiccal metal. Masing-masing member punya peranan tersendiri. Kamijo dan Hizaki untuk urusan seni dan tampilan mereka, Yuki untuk Aransemen band, Jasmine You untuk urusan komunikasi dan Teru yang mengawasi semuanya.

      Debut pertama Versailles adalah sebuah single dalam Format DVD yaitu “The Revenant Choir” yang hanya dijual pada saat konser berlangsung (23 Juni 2007). Ternyata kehadiran mereka dilirik oleh label record dari luar Jepang, dan berniat untuk merilis album mereka, yang akhirnya jatuh ke tangan CLJ dari Jerman. “Lyrical Sympathy” adalah album indie pertama mereka yang dirilis pada tanggal 31 Oktober 2007 (bertepatan dengan Halloween). Setelah merilis album ini, mereka lalu mengadakan tour nasional pertama mereka. Pertengahan desember mereka lalu merilis DVD Live berjudul “Aesthetic Violence” dalam 5 versi disertai dengan bonus parfum yang disesuaikan dengan karakter masing-masing personil. Kamijo [Louis], Hizaki [Princess Stairs], Teru [B.P.T.], Jasmine You [Elegant Jasmine], dan Yuki [Dark Master].
Awal tahun 2008, mereka muncul dalam album kompilasi “Cross Gate 2008 –Chaotic Sorrow-“, bersama band Chariots, Seventh Sense, Nega, Siva dan Manterou Opera. Versailles bahkan meraih penghargaan sebagai Best New Artist dalam J Rock Awards. Akhirnya nama Versailles pun masuk dalam jajaran Billboard America, dan sukses melambungkan nama mereka di negeri paman sam tersebut.

      Tahun 2008 adalah tahun pertama bagi mereka untuk mengadakan konser di luar jepang. Pada tanggal 30 Maret hingga 8 April mereka menggelar tur pendek mereka di Eropa bertajuk “Aesthetik Revolution in Europe Tour 2008” bersama band Manterou Opera. Negara yang dikunjungi mereka adalah Swedia, Finlandia, Jerman, Prancis dan Spanyol. Selanjutnya mereka menggelar konser di Amerika Serikat “Sentiment of Genesis”, selanjutnya mereka terus mengadakan konser di sana, dan tiket mereka selalu sold-out. 9 Juli, Versailles merilis full album pertama mereka, “Noble” dan dijual melaui iTunes. di penghujung tahun, mereka kembali merilis ulang album “Lyrical Sympathy” dan “Noble” dengan desain cover yang berbeda. Tak hanya itu, mereka juga merilis single “Prince & Princess” pada tanggal 10 Desember 2008 dengan 5 desain cover yang berbeda. Saat Oneman show di CC Lemon Hall 23 Desember, Kamijo mengumumkan bahwa Versailles akan menjadi major band pada bulan Juni 2009 lewat label Warner Japan. Konser indie terakhir mereka digelar pada tanggal 26 Maret 2009 di Yokohama Sunphoenix Hall. Sedangkan Konser pertama mereka sebagai Major band digelar di Meguro Rokumeikan selama 5 hari dari tanggal 17 sampai 21 Juni 2009. Versailles sudah merilis album resminya di Amerika (Maru Records) dan Jerman (CLJ Records), sayangnya mereka tersandung masalah nama, karena di Amerika sudah ada band yang bernama sama. Akhirnya mereka mengadakan sayembara lewat situs resmi mereka. Akhirnya dari 100.000 lebih nama yang masuk, terpilihlah nama Versailles –Philharmonic Quintet-. Nama ini hanya dipakai untuk kawasan Amerika saja. Diluar itu mereka tetap memakai nama Versailles. sebagai tanda terima kasih mereka kepada fans, atas ide nama tersebut, mereka lalu merilis single “Prince” yang diedarkan secara gratis di internet.
Setelah itu mereka bersiap-siap untuk merilis album terbarunya yang akan dirilis pada tanggal 16 September nantinya. album baru ini sudah memasuki proses terakhirnya. Sayang Jasmine You keburu meninggal pada tanggal 9 Agustus 2009. kematiannya yang mendadak (akibat sakit) memang sangat mengejutkan.

      berikut petikan yang diambil dari official site mereka "2009.8.9 「Versailles」 Urgent Announcement: Though Jasmine You had taken time off in order to rest because of poor physical condition, we received a report that early in the morning on August 9, he died. Because of the extreme abruptness of this news, the members and staff are all dumbfounded and trying hard to accept this it. As soon as his family has been notified and updated as to the details and we receive their permission, we will further report to all of the fans. Moreover, with the current announcement, in regards to activity, please allow us to postpone it."
karena kematian Jasmine You yang mendadak, maka segala kegiatan live mereka diberhentikan untuk sementara, dan mereka belum memutuskan apa yang akan mereka lakukan kelak.

———-
OFFICIAL ANNOUNCEMENT
     Seperti yang telah diberitakan pada tanggal 19 Agustus 2008, band dari jepang yang dikenal sebagai Versailles dan diwakili oleh Delacroix, harus mengganti nama mereka untuk wilayah U.S karena sudah ada artis yang menggunakan nama tersebut di U.S.

      meskipun ini adalah keputusan yang sulit, kami telah memutuskan untuk menuruti permintaan ini.
Menentukan nama baru adalah proses yang sulit. Kami telah bertanya kepada para fans yang ditujukan untuk membantu kami dalam proses ini. Kami menerima lebih dari 100,000 masukan nama pada ahir Agustus. Kami ingin berterima kasih kepada semua yang telah memberi usulan.
proses seleksi nama yang tepat dari semua masukan adalah proses yang sulit dan emosional. Lagipula nama tidaklah hanya untuk band semata, melainkan untuk para fans juga. Setelah rangkaian pertemuan yang sangat panjang bersama dengan personil band, staff, dan teman-teman, nama baru ahirnya disetujui.
Nama yang dipilih pada ahirnya bukan diambil dari masukan para fans atau staff. Nama tersebut dipilih oleh kelima personil melalui kata kunci dari beberapa masukan-masukan yang berbeda yang digabung menjadi satu. Kami telah menghubungi orang yang memberikan kata kunci tesebut pada kami dan berterima kasih kepada mereka untuk bantuannya.

Nama baru : Versailles –Philharmonic Quintet-
Arti spesifik dari kepanjangan nama tersebut adalah; Philharmonic berarti pecinta harmoni dan musik simfoni. Quintet berarti grup yang beranggotakan lima pemusik.
Nama ini untuk dipergunakan di wilayah U.S dan akan digunakan untuk show-show mendatang di Washington D.C dan New York pada bulan Oktober 2008.
Terima kasih atas kecintaan dan dukungan kalian semua.
Members : KAMIJO,HIZAKI,TERU, Jasmine You and YUKI Management : Delacroix
Label : Sherow Artist Society
Pesan dari Versailles-Philharmonic Quintet-
“Terima kasih banyak untuk semua usulan-usulan nama. Jumlah masukan lebih dari yang apa yang dapat kami bayangkan. Kami sungguh kagum oleh setiap nama yang diusulkan dan setiap pesannya. Semua sangat menyentuh. Diantara usulan yang begitu banyak, dua kata keluar –”philharmonic” dan “quintet” Kami berpikir bahwa “quintet” kami akan menjadi sangat “philharmonic” ketika kami bersama para fans.
Kami sungguh bersemangat dan menantikan untuk bersama-sama kalian, pada fans kami dari seluruh penjuru dunia sebagai “Versailles – Philharmonic Quintet-” dengan sedikit tanda terima kasih kami, kami ingin memberikan track terbaru kami berjudul “PRINCE”, yang tersedia untuk di download disini. Hanya ini sedikitnya yang dapat kami lakukan untuk kalian.”
–WE ARE LOOKING AT THE SAME SKY
THIS SONG IS FOR YOU WHO HAS NO WINGS.
ONE DAY, OUR WORLD WILL HAVE BEAUTIFUL ROSES
WHEN IT COMES, WE’LL BE TOGETHER….—
(from “History of The Other Side”)
untuk para fansnya
_________________________________________________________________________________
Profil Member Versailles :
KAMIJO

Nama Lengkap : Kamijou Yuuji
Posisi : Vocal
TTL : Setagawa,Tokyo, 19 Juli 1975
Golongan Darah : O
Band : Versailles (Ex-Lareine)
Tinggi : 173 cm
Berat : 58 kg
Makanan Favorit : Natto
Makanan paling dibenci : Wasabi
Pengaruh Musik : Paul Mauriat dan Richard Clayderman
Pekerjaan : Vokalis dan Produser
Instrumen : Gitar dan Programming
Website : Kamijou 
History : BIJIREIKU, MALICE MIZER, LALIENE, LAREINE, NEW SODMY, and Versailles
Moto : tetap Bangkit berjuang walau jatuh
Penyanyi kharismatik dengan image Bak pangeran vampire ini sebelumnya terkenal lewat band Lareine. Dia tahu betul bagaimana merancang sebuah band visual dengan konsep yang indah dan elegan. Menyukai Aroma teh hijau





 HIZAKI

Nama Lengkap : Hizaki
TTL : Kyoto, 17 Februari 1979
Golongan Darah : AB
Makanan paling dibenci : Natto
Pekerjaan : Musisi (lebih tepatnya gitaris)
Band : Versailles (Ex-Sulfuric Acid)
Website : Hizaki
 Posisi : Guitar
History : GARNET GRAV, Crack brain, GROTESQUE ROMANTICER, Schwardix Marvally, SULFURIC ACID, HIZAKI grace project (solo), Versailles
TTL : Kyoto, 17 Februari 1979
Golongan Darah : AB
 Moto : saat meninggalkan ruangan, ruang tersebut harus lebih bersih daripada sebelumnya.
Saat masih bersolo karir, Hizaki pernah merilis album "Curse of Virgo" pada tanggal 27 Desember 2007. Setelah bergabung dengan Versailles, maka dia mengurangi kegiatan bersolonya.










TERU

Nama Lengkap : Terukichi (Teru)
TTL : Kyoto, 10 April
Golongan Darah : O
Makanan Favorit : Belut dalam Beras, Terong dan Pilaf
Makanan paling dibenci : Bawang
Musik Favorit : Metal
Orang yg Dihormati : Chris Impelliteri,Dimebag Darrell, dan Orangtua
Mimpi masa depan : Tampil dengan Impelliteri dan ingin muncul di "YOUNG GITAR"
Band : Versailles (Ex-Aikaryu)
Pekerjaan : Gitaris
Website : Teru

Posisi : Guitar
History : Aikaryu, HIZAKI grace project, Versailles
TTL : Kyoto 10 April
Golongan Darah : O
 Moto : memiliki tekad dan keberanian
Cowok berwajah imut ini mengidolakan Chris Impelitteri, seorang gitaris. Teru menjadi partner Hizaki dalam membuat komposisi gitar, dan tidak pernah takut untuk mencoba hal-hal yang baru. Menjelang tampil live, usai berdandan, biasanya ia akan mendengarkan musik dan membayangkan seperti apa konser nantinya.








JASMINE YOU

Nama Lengkap : Kageyama Yuuichi (Jasmine You)
TTL : Prefektur Aichi, 8 Maret 1979 - 9 Agustus 2009 (deceased)
Pekerjaan : Musisi (lebih tepatnya bassist)
Band : Versailles (Ex-Jakura)
Instrumen : Bass gitar
Website : Unknown

Posisi : Bass
History : Jakura, HIZAKI (SUPPORT), HIZAKI grace project, Versailles
TTL : Kabupaten Aichi, 8 April
Golongan Darah : B
 Moto : waktu adalah uang
Jasmine You sangat tergila-gila dengan bunga melati, dan selalu mandi dengan menggunakan sari bunga melati. Menurutnya dirinya adalah Alien yang terdampar dibumi. Hobi bermain sulap dan kerap melakukan Atraksi sulap saat manggung. cita-citanya adalah meiliki kemampuan teleport hingga bisa mengunjungi berbagai tempat.










YUKI

Nama Lengkap : Yuki
TTL : Sadogashima, 18 Februari *abis ultahnya Hizaki-sama*
Golongan Darah : A
Band : Versailles (Ex-Sugar Trip)
Pekerjaan : Drummer
Instrumen : Drum
Website : Unknown

Posisi : Drum
History : SugarTrip, Versailles
TTL : unknown, 18 Februari
Golongan Darah : A
moto : kesehatan no 1!
Sadar dirinya adalah seorang drummer, dia selalu menjaga staminanya. Musik Versailles agak sedikit rumit, maka dia harus tetap Fokus dan memperhatikan tiap ketukkan. Menurutnya, Versailles adalah band paling indah sedunia.
 







DISCOGRAPHY :


Versailles -Philharmonic Quintet- [Photobook]




Kamijo, Kaya and Juka - Node of Scherzo [2007.10.31][single]
1. Node of Scherzo




The Revenant Choir [2007.06.23][Single]
1. The Revenant Choir
2. The Revenant Choir -Vocal Lesson-
3. The Revenant Choir -Bass Lesson-
4. The Revenant Choir -Drum Lesson-
5. The Revenant Choir -Guitar Lesson-




Lyrical Sympathy [2007.10.31][Album]
1. Intro
2. The Love from a Dead Orchestra
3. Shout & Bites
4. Beast of Desire
5. Forbidden gate
6. The Red Carpet Day
7. Sympathia




A NOBLE WAS BORN IN CHAOS [2008.03.19][Single]
1. Aristcrat's Symphony
2. SUZERAIN
3. zombie




NOBLE [2008.07.16][Album]
01. PRELUDE
02. Aristocrat's Symphony
03. Antique In the Future
04. Second Fear - Another Descendant
05. zombie
06. After Cloudia
07. Windress
08. The Revenant Choir
09. To the Chaos Inside
10. SUZERAIN
11. History of the Other Side
12. EPISODE



PRINCE [Single]
1. PRINCE






Art of Progadanda (2008.09.13)
1. PRINCE - Versailles -Philharmonic Quintet-
2. shred - chariots






Prince & Princess [2008.10.12][Maxi-Single]
1. PRINCE
2. PRINCESS
3. SILENT KNIGHT






ASCENDEAD MASTER
[all versions][SINGLE](2009.06.24)
01. ASCENDEAD MASTER
02. 月下香 (Gekka kou)
02. HALLWAY [SOUNDTRACK] -Type A
02. PILGRIM [SOUNDTRACK] -Type B
02. COVENANT [SOUNDTRACK] -Type C
03. DESCENDANT OF THE ROSE [SOUNDTRACK]


Versailles Tampil dengan Sentuhan baru

Versailles ~DESTINY~ The Lovers

Band yang menyatukan musisi-musisi visual kei ini dibentuk oleh Kamijo (ex Lareine, vokalis roadie Malice Mizer). Mereka memadukan konsep musik cantik,.extrim artistik, dan aesthecism dengan dibaluti kostum yang cantik. musik mereka dapat dirangkum dalam musik melodic metal, heavy tapi melodic music dengan excellent skill.
Akhirnya setelah vakum setelah rilisan album jubilee versailess kembali hadir dengan formasi baru mereka dengan digantikannya mendiang Jasmine oleh Masashi. single ini dirilis dalam dua paket yaitu Versailles – DESTINY -The Lovers- Type A dan Versailles – DESTINY -The Lovers- Type B. Salah satu hits andalan yang dijadikan PV adalah lagu DESTINY -The Lovers-. Sangat menarik ketika pertama kali melihat PV ini dengan formasi baru mereka, selain menampilkan member baru, lagu ini juga kembali menghadirkan nuansa musik yang layak disimak permainan setiap personelnya.
1.          DESTINY -The Lovers-
Dimulai dengan dentingan piano, diiringi suara lembut Kamijo yang mengalun diteruskan dengan distorsi gitar. awal yang cukup manis.. Alunan tersebut kemudian dihajar dengan dimulainya dentingan piano debalas dengan ketukan drum yang bertempo diikuti double pedal alhasil suasana musik terbakar. Ditengah tengah, wow… solo bass dari personel yang cukup aktraktif dibalas dengan solo gitarnya si cowo cantik Hizaki kemudian si manis Teru sampai duet poliponik kedua gitaris tersebut. Tempo kembali ke awal lagu yang cukup mengalun dan kemudian tempo naik lagi. Secara keseluruhan lagu ini cukup mengingatkan dengan lagunya di album pertama The Love from Dead Orchestra . Musiknya benar-benar epik layaknya cerita dongeng kerajaan perang.

2.         Glowing Butterfly
Lagu dengan sentuhan syintisizer yang modern kembali dipadukan. Suara distorsi yang apik kemudian dihentak dengan suara khasnya kamijo. Dentingan piano disi kembali berdenting. Ketika akan menuju chorus , entah itu suara apa,seperti synthizaser ato efek gitar kembali membahana layaknya suara gitar tercekik. Solo gitar pun disini terlihat kembali seperti dalam Destiny ~the Lovers~. Naik turun tempo musik seakan akan memperindah suasana musik menjadi epik.

3.         Libido
Mendengar kata libido awalnya sempet ketawa maklum nih kata cenderung ke kata yang xxx. Terobosan baru mungkin dari versailess judul lagunya biar ga puitis melulu.hehe
Dihentak dengan solo gitar hizaki kemudian diiringi betotan bass yang aktraktif dari basis baru mereka yaitu Masashi dibalas hentakan drum yang nice dari Yuki. Basis baru ini mulai menunjukan bahwa dia pantas menggantikan Jasmine dengan skill yang dia tampilkan dalam lagu ini. Lagu ini secara keseluruhan cukup enak didengar dan permainannya cukup simpel skillful. Tiupan terompet pun tak mau kalah ingin meramaikan keceriaan yang ditampilkan lagu ini.
Rilisan single DESTINY -The Lover- merupakan single pertama tanpa Jasmine. Pergantian personel ternyata semakin membangkitkan aura musiknya. Roh jasmine seakan akan masuk dalam setiap lagu di single ini. Era Masashi merupakan awal yang indah untuk menjadikan Versailes sebagai band yang akan abadi dalam dunia ini.

Band visual kei, Versailles (Versailles -Philharmonic Quintet-)mengumumkan saat konsernya hari Sabtu di Shibuya C.C. Lemon Hall, bahwa MASASHI yang selama ini menjadi support bassist, kini resmi bergabung bersama Versailles.
MASASHI sendiri telah bermain bersama band ini selama 6 bulan, membantu Versailles setelah ditinggal oleh sang bassis Jasmine You bulan Agustus 2009 lalu.
MASASHI pernah tergabung dalam band ALPHA, Ash, RED Carpet dan CODE, tapi mulai dikenal sejak menjadi bassis di Versailles. MASASHI kini resmi melengkapi quintet tersebut, tapi Versailles sendiri menetapkan anggotanya ada 6 orang, sebagai bentuk penghormatan kepada Jasmine You. Hal yang sama dilakukan oleh X JAPAN kepada hide. Selain itu, Versailles juga akan merilis single

「DESTINY-The Lovers-」, pada 27 Oktober. 


Bassist Baru yang menggantikan Jasmine You


   Band visual kei, Versailles (Versailles -Philharmonic Quintet-)mengumumkan saat konsernya hari Sabtu di Shibuya C.C. Lemon Hall, bahwa MASASHI yang selama ini menjadi support bassist, kini resmi bergabung bersama Versailles.
MASASHI sendiri telah bermain bersama band ini selama 6 bulan, membantu Versailles setelah ditinggal oleh sang bassis Jasmine You bulan Agustus 2009 lalu.
MASASHI pernah tergabung dalam band ALPHA, Ash, RED Carpet dan CODE, tapi mulai dikenal sejak menjadi bassis di Versailles. MASASHI kini resmi melengkapi quintet tersebut, tapi Versailles sendiri menetapkan anggotanya ada 6 orang, sebagai bentuk penghormatan kepada Jasmine You. Hal yang sama dilakukan oleh X JAPAN kepada hide. Selain itu, Versailles juga akan merilis single

「DESTINY-The Lovers-」, pada 27 Oktober.

2 Ocehan:

  1. wew,, 5personil kalo A -Anonymous Confederate Ensemble- cuma 4personil agak mirip costumnya...

    ReplyDelete
  2. Yup...
    saya juga penggemar barunya kk...^^
    jadi ya seadanya.
    terimakasih sudah tinggalkan komentar...^^

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar disini.
berkomentar lah yang baik dan sopan. Terimakasih. ^_^

Satriyo Adhie. Powered by Blogger.