May 07, 2012

B,z

fuh,fuh...
nih,saya bakal bahas tentang duo favorit saya, aaaaa,eeeeeem,aaaaaaa.....
Here we go...!!!!





B'z adalah duo hard rock Jepang yang terdiri dari Tak Matsumoto dan Koshi Inaba. Duo ini dikontrak label rekaman Vermillion Records, anak perusahaan Being. Hingga kini, B'z telah merilis 41 singel dan 23 album yang semuanya secara berturut-turut menjadi nomor satu, dan rekaman mereka laku lebih dari 78 juta kopi di Jepang.


~Pendirian hingga singel perdana

   B'z berawal dari tahun 1987, ketika gitaris Tak Matsumoto yang bekerja untuk produser rekaman Being ingin mendirikan band sendiri. Sebagai musisi studio, Matsumoto berpengalaman sebagai musisi pendukung dalam konser TM Network dan Mari Hamada. Di sebuah majalah musik, Matsumoto mengumumkan dirinya membentuk band bersama seorang vokalis, tapi akhirnya rencana tersebut batal.

   Produser rekaman sekaligus direktur utama Being, Hiroyuki Nagato mengetahui Matsumoto sedang mencari vokalis. Pada Mei 1988, Matsumoto mendapat sebuah pita demo dari Nagato, di dalamnya berisi suara Kōshi Inaba. Pada waktu itu, Inaba yang masih bersekolah, menyanyikan lagu "T-Born Shuffle" dari T-Bone Walker, "You Shook Me" dari Led Zeppelin, dan "Honesty" dari Billy Joel. Dua atau tiga tahun sebelum B'z didirikan, Nagato memang sudah menaruh minat terhadap bakat Inaba.

   Setelah dipertemukan oleh Nagato, Inaba dan Matsumoto berjanji untuk bertemu. Di kemudian hari Matsumoto berkata, "Pita demo-nya juga sudah dengar, foto dia juga sudah lihat, hati aku sudah mantap untuk memilih dia." Di sebuah studio kecil bernama Sound Joaker, keduanya bertemu pertama kalinya. Mereka berdua hanya main dua lagu, "Let It Be" dan "Oh! Darling" dari The Beatles. Peralatan di studio waktu itu sedang rusak. Beberapa hari kemudian, keduanya bertemu lagi, dan sepakat untuk meluncurkan karier bersama. Setelah itu, keduanya membentuk B'z, dan merilis singel perdana "Dakara Sono Te o Hanashite" sekaligus album perdana B'z pada 21 September 1988.

   Keduanya hanya perlu waktu singkat, sekitar 4 bulan mulai dari pertemuan pertama hingga penampilan pertama B'z di depan publik. Ketika B'z sudah terbentuk, persiapan peluncuran karier mereka berlangsung tanpa persetujuan keduanya.

   Pada masa-masa ketika B'z didirikan, ada tradisi "pendatang baru diberhentikan dari dunia artis bila hingga tiga album namun tidak menghasilkan satu pun lagu hit". Pada waktu itu Matsumoto memiliki "cita-cita dalam 3 tahun untuk bisa menjadi sampul majalah Gb (waktu itu merupakan majalah musik paling laku), dalam 3 tahun masuk dalam peringkat Oricon (nomor 1 hingga 50), dan halaman kiri-kanan majalah berisi tentang B'z."

~Awal karier hingga kini

   Ketika masih baru, B'z diikutsertakan dalam tur keliling TM Network. Dalam rangka promosi mereka, Matsumoto mengadakan seminar gitar untuk menarik perhatian penggemar. Seminar baru berlangsung setengah jalan ketika harus terputus oleh konser promisi B'z. Promosi mereka dilakukan besar-besaran, keduanya mengingat bahwa "penggemar begitu banyak yang ingin berjabat tangan, hingga sidik jari kami terhapus; badan jadi bungkuk setelah terlalu banyak membungkukkan badan (menyapa penggemar). Jadwal mereka waktu itu hanya promosi dan temu penggemar.

   Usaha mereka ternyata tidak berhasil. Singel dan album perdana mereka sama sekali tidak masuk di urutan 100 teratas Oricon. B'z baru populer setelah merilis album mini Bad Communication pada tahun 1989. Lagu andalan "Bad Communication" mulai menarik perhatian pendengar radio kabel Usen. Selama 163 minggu, "Bad Communication" bertahan sebagai lagu hit di tangga lagu Oricon, walaupun tidak pernah masuk ke urutan 10 teratas. Singel ke-4, "Be There" merupakan lagu pertama B'z yang masuk ke urutan 10 teratas tangga lagu Oricon. Pada tahun yang sama, B'z akhirnya berhasil menempatkan singel ke-5, "Taiyō no Komachi Angel" di peringkat nomor satu Oricon.

   Setelah "Taiyō no Komachi Angel", setiap singel yang dikeluarkan B'z selalu menempati peringkat nomor satu di Oricon. Pada tahun 2007 atas rekomendasi Steve Vai, B'z menjadi Asia pertama yang cap telapak tangan dan tanda tangannya diabadikan di Hollywood's RockWalk.


~Discographi




0 Ocehan:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar disini.
berkomentar lah yang baik dan sopan. Terimakasih. ^_^

Satriyo Adhie. Powered by Blogger.