February 03, 2013

Masa Kehamilan Hamster


          Kembali bersama saya. hahahha oia, di postingan kemarin, saya ngasih janji, buat berbagi tentang masa kehamilan pada Hamster.? betul, betul tidak.? ^^
memang, pengalaman adalah guru yang berharga,hohohoho saya akan bagi pengalaman saya dalam mengembang biakan hamster.^^
siap, sekarang kita ulas tentang masa kehamilan Hamster ya..
Ready, Steady, Go...!


Masa Kehamilan Hamster     
           Masa kehamilan Hamster relatif, tergantung jenis apanya hamster tersebut, tapi kebanyakan sih hanya berkisar, 2 hingga 3 minggu, dari masa pembuahan. (cepet ya?) dan sekali beranak, bisa sekitar 5 sampai 10 ekor anakan hamster.^^ tiap hamster biasanya memiliki kebiasaan yang sama ketika sedang bunting (mengandung).hahahah ciri2 ketika hamster mulai memasuki masa kehamilannya :
. Suka menggigiti kandang (apabila kandang yang kalian gunakan terbuat dari jeruji2 gitu)
. Lebih suka menyendiri, biasanya sih di pojok2 dari kandang, dan lebih memilih menjauh dari lainnya.
. Lebih suka mengumpulkan mkanan di mulutnya. (memang terkadang tiap hamster melakukannya, tapi untuk yang hamil, biasanya lebih sering gan ngumpetin makanannya.)
. Lebh aktif dari biasanya.
. Tanda2 hamster yang akan melahirkan, akan menunjukan gejala yang sama seperti mamalia lainnya, perutnya mebesar. Hhahaha

Nah, kalau hal diatas, apa yang harus kalian lakukan? :
. (Jika harus) segera pindahkan ketempat yang lebih aman dari hamster lainnya, maksudnya si calon Ibu ini di karantina aja deh, soalnya takut hamster yang lainnya mkanin anak2nya. T_T kan kasian.
. pindahkan ke tempat yang sudah diberi serbuk kayu didalamnya, serbuk kayu bisa membuat kandang jadi sedikit hangat, ketimbang dengan pasir. Tempatnya sih bisa akuarium, kandang jeruji yang umum dijual, apapun deh, yang penting bisa buat hamster kita nyaman dan jangan lupa kasih makanan dan minuman yang cukup brow.^^
. apabila sudah kalian lakukan semuanya, kalian hanya tinggal menunggu kapan deh cucu kalian lahir kemuka bumi ini. :D


Mitos (alah) seputar bayi dan induk :

          Banyak yang bhilang kalo anaknya sudah lahir, segera pisahkan dengan induknya dengan anaknya (?) kenapa? ada yang bilang bakal dimakan anak2nya. Gak begitu, kalo anak2nya dipisah dengan Induknya bagaimana cara anak2nya makan? ada yang bilang dia bisa nyari makanan sendiri. Itu bohong. anak hamster sama seperti bayi lainnya, yang masih bergantung dariASI ekslusif dari induknya, anak hamster beda dengan anak ayam, yang lahir, langsung bisa berjalan, lari, dan cari makanan sendiri. Mungkin untuk Induk jantannya, kita bisa antisipasi, sewaktu pertama kali merasakan gendong anak hamster, saya buat induk jantan dan betinanya berada dalam satu kandang. alhasil, anak pertama hamster saya yang tadinya ada 6 ekor, dimakan dan hanya sisa 3 ekor, sisanya mati perlahan2 T_T. jadi, untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya dalam masa kehamilannya, pisahkan saja induk betinanya, karantina aja. Memang kebanyakan ada sih yang ikut momong anaknya, Jenis Syrian saya dulu, yang jantannya ikut ngerawat juga. Oia, selama masa menyusui, jangan lupa sediakan terus makanan yang cukup ya gan, soalnya istilah "kelaparan berujung kejahatan" juga berlaku. hehehhe kalo makanan gak cukup, sang induk bisa pelan2 nyomotin anak2nya lho, yah, namanya hewan, tetep ada rasa kanibalisme nya. ^^


Larangan ketika sang Induk sudah melahirkan :
         Apabila hamster kita sudah melahirkan, yuk lakukan langkah2 berikut dibawah ini :

. Ketika dalam masa menyusui, jangan terlalu sering membuat sesuatu yang membuat iduk menjadi stress. Contohnya,  seperti jangan terlalu sering memegang sang induk, atau membuat keributan yang bikin hamster jadi kaget, dll.
. Nah, yang ini terpenting, jangan terlalu, atau malahan jangan memegang anak2nya, karena bau pada tubuh anak2 hamster akan terhapus dengan bau dari tangan2 kita, yang nyebabin, sang induk gak bakal anggap itu anakny, dan malah milih buat gak ngurus, alhasil mati lah tr anak hamsternya.

         Setelah setidaknya anak2 hamster sudah memiliki bulu, dan matanya juga udah melek, baru deh, kita bisa megang2 itu anak, hahahha soalnya dari pas lahir hingga masa tersebut berkisar sekitar 1 bulan-an, deh.
^^ 

Sekian, deh dari saya untuk postingan kali ini, mungkin ada yang kurang, apalagi ya yang mau saya share tentang hamster di postingan berikutnya.?
^^
yah, ditunggu saja ya.
terimakasih sudah melototin postingan ini sampai habis. Mohon dukungannya untuk pemilihan capres (lho) hahaha kalau ada yang mau ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar, yak, atau masuk ke profil2 jejaring sosial yang sudah saya sediakan di menu yang sudah saya sediakan.
 atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih,^^



0 Ocehan:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar disini.
berkomentar lah yang baik dan sopan. Terimakasih. ^_^

Satriyo Adhie. Powered by Blogger.