March 08, 2014

Etika, Profesi, dan ciri Profesi di bidang TI

tugas pertama di semester akhir. -_-
langsung aja.
pertama apa itu Etika?
kedua apa itu Profesi?
ketiga ciri profesi yang berkaitan dengan TI.
dengan bahasa saya sendiri saya sebutkan pengertian diatas.

Etika
Etika dalam bahasa Yunani adalah Ethikos yang artinya timbul dari kebiasaan. Etika sendiri adalah sebuah kebiasaan baik atau buruk yang hadir dari diri kita sendiri. Etika dimulai bila manusia merefleksikan unsur-unsur etis dalam pendapat-pendapat spontan kita. Kebutuhan akan refleksi itu akan kita rasakan, antara lain karena pendapat etis kita tidak jarang berbeda dengan pendapat orang lain. Untuk itulah diperlukan etika, yaitu untuk mencari tahu apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia.

Profesi
Profesi adalah kata serapan dari sebuah kata dalam bahasa Inggris "Profess", yang dalam bahasa Yunani adalah "Επαγγελια", yang bermakna: "Janji untuk memenuhi kewajiban melakukan suatu tugas khusus secara tetap/permanen".
Profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan khusus. Suatu profesi biasanya memiliki asosiasi profesi,kode etik, serta proses sertifikasi dan lisensi yang khusus untuk bidang profesi tersebut. Contoh profesi adalah pada bidang hukum, kedokteran, keuangan, militer,[[teknik desainer, tenaga pendidik.

Sedangkan ciri khas profesi dibidang TI, biasanya para Profesional di bidang tersebut lebih terpaku dengan layar monitor, terikat dengan deadline proyek yang tidak renggang, dengan kata lain waktu Deadline yang terlalu mepet.

0 Ocehan:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar disini.
berkomentar lah yang baik dan sopan. Terimakasih. ^_^

Satriyo Adhie. Powered by Blogger.