February 03, 2013

Digimon card battle


        Masih ingat kah kalian dengan game ini? Game dari Console Sony Play station generasi pertama ini cukup populer (di dataran rumah saya ^^) sampai2 ada turnamennya yang diadain, GM rental play station di tempat saya. hohohhoho. Di postingan kali ini, saya akan membahas nih, tentang game ini,seingetnya aja yak. hehhee, baik walkthrough2 nya.xixixiix oke, penasaran, penasaran? gak? yaudah wasslasam. heheh
Yuk cekidot isinya.hehehhe

Sejarah Digimon
          Digimon (デジモン Dejimon?) yang merupakan singkatan dari Digital Monster (デジタルモンスター Dejitaru Monsutā) adalah waralaba media dari Jepang untuk anak-anak yang dibuat dalam bentuk anime, manga, permainan video, permainan kartu, mainan, aksesoris barang, dan media lainnya. Diciptakan oleh tokoh misterius yang tidak pernah dikenal publik termasuk perannya dalam penciptaan Digimon yang bernama Akiyoshi Hongo.

          Digimon adalah makhluk hidup semacam program kecerdasan buatan yang tersusun atas kumpulan data digital. Mereka memiliki berbagai macam jenis dengan bentuk yang bermacam-macam dan memiliki jurus-jurus serangan serta kemampuan evolusi ke tingkat yang lebih tinggi (digimon yang berevolusi dapat kembali ke bentuknya semula). Mereka hidup di dunia digital, suatu dunia paralel yang tercipta dari sistem jaring teknologi komunikasi dan informasi manusia.

          Digimon banyak dikenal atas persaingannya dengan Pokemon, waralaba media lainnya dari Jepang. Digimon dan Pokemon memiliki konsep yang hampir sama mengenai makhluk-makhluk hidup (monster) yang unik dengan jenis, bentuk, dan jurus serangan yang bermacam-macam dan kemampuan evolusi menjadi lebih kuat serta persahabatan atau hubungan partner antara manusia dengan Digimon/Pokemon. Bahkan keduanya memiliki nama yang mirip yaitu Digimon yang berarti Digital "Monster" dan Pokemon yaitu Pocket "Monster". Keduanya muncul pada waktu yang hampir bersamaan, dengan Pokemon lebih dulu dan diikuti oleh Digimon, sehingga kesuksesan Pokemon merupakan salah satu faktor kesuksesan Digimon. Keduanya memiliki kesuksesan yang besar, walau Digimon tidak pernah menikmati kesuksesan setara atau lebih dari Pokemon. Perdebatan-perdebatan antara fans Digimon dan fans Pokemon berlangsung cukup lama.



          Digimon dirilis pertama kali oleh perusahaan Bandai pada tanggal 26 Juni 1997. Karena kesuksesannya, generasi kedua Digimon dirilis pada bulan Desember tahun itu juga dan diikuti oleh generasi ketiga pada tahun 1998. Untuk konsol permainan, Digimon pertama kali muncul pada konsol Sega Saturn.

Digimon Card Battle

         
Digimon dalam perkembangannya, bme yang mengadaptasi dari serial Digimon ini sendiri, mulai dari console sega saturn, Sony Playstation generasi pertama, ke dua, dan sampai sekarang yang ke-3 (mungkin), dari sony PS 1, game digimon yang populer ialah, Digimon world , Digimon World 2, Digimon Card Battle, dan Digimon World 3, hingga ada game battle dari digimon itu sendiri yang berjudul Digimon Tmers (versi bahasa jepang,Rumble Arena versi USA nya). Yang akan kita ulas kali ini adalah tentang Digimon Card Battle.

          Digimon Card Battle ini bercerita tentang sebuah dunia digital yang berisi digimon, yang hidup dari battle kartu itu sendiri. Karakter utamanya juga masih diambil dari karakter Digimon World seri pertama.^^ permainan game ini hampir mirip dengan game Yugi oh :Forbidden memories yang rilis di concole Sony PS 1 juga.,hanya saja dalam permainan ini sedikit lebih ringan, dan tampilannya sedikit lebih berbau teknologi, baik dari nama kota, cara menyimpan data, seolah2 kita memang berada di dunia komputer.

Awal mula Permainan dan Tujuan
          Awal mula permainan ini, dimulai oleh (ceritanyanya sih server) yang menanyakan tentang biodata kita, dimjulai dari nama, hingga starter pack awal kita. Terdapat 3 starter pack, dimana disitu terdapat partner yang akan membantu kita untuk menang dalam duel di dunia digital. Starter pack awal  itu berisi Partner : Vee-mon dengan starter pack ber –type api, Hawk-mon ber-type Alam, Armadilomon  ber-type Rare. Setelah mengisi regitrasi, kita akan di tempatkan di Beginner City, dan akan bertemu Beta-mon, dia meminta kita untuk berduel dengan dia, ini wajib, untuk memulai tutorial awal kita tentang battle di dunia digital.

          Tujuan dari permainan ini awalnya kita di minta menjadi anak terpilih untuk melawan ‘A’ seorang Hacker yang menerobos Dunia Digital, yang ingin menguasainya. Setelah itu, kita hanya tinggal menambah jumlah rating (%) di dunia digital hingga 100 % (jujur, saya juga belum selesai mainnya, meski udah battle sampe 1000 kali).

Kota-kota di dunia Digital Card Battle
         
Terdapat beberapa kota  di dunia digital, dan tiap kota di tempati oleh master battle di kotanya. Mulai dari Begginer City, di kota awal mula ini, setelah menang  (sudah seharusnya menang) melawan Beta-mon, kita akan bertemu dengan Agumon, master arena di kota Begginer, bicara dengan dia untuk membuka  pintu masuk Arena di kota tersebut, battle dengan 2 lawan yang ada di arena tersebut dan dapatkan passcode untuk ke kota selanjutnya. Beberapa Kota di digital World dan master arena nya (untuk yang awal bermain) bisa di cekidot (semoga bener yah, soalnya modal ingatan aja) :

Beginner City

. Flame city, kota ke 2 di digital world, masternya adalah Vee-mon setelah menang di arena tersebut, coba bicara ke dai chi (davis) di dalam flame caffe, biasanya dia bakal ngasih partner baru/ digi egg gitu untuk partner kita.^^ di kota ini ada trade center dimana, disini kita dapat mem-fusion 2 kartu, menjadi  kartu yang baru. Fusion di kota ini hanya bisa untuk digimon kelas ‘R’ (rookie).

Flame City

.  Jungle City, di jungle City masternya adalah Hawk-mon digimon burung warna merah yang gak tau dia cewek atau cowok -_-a. dari sini di mulai melawan Wormon, dan terus ke kota selanjutnya akan melawan evolusi dari wormon itu sendiri.
Jungle City

. Igloo City, masternya adalah garuru-mon digimon srigala biru yang bisa nyemburin aura es dari mulutnya, bicara dengan dia lagi setelah memenangkan turnamen di arena di igloo city, garuru-mon bakal  minta kita buat battle sekali lagi dengan ia supaya kita bisa dapetin passcode ke kota selanjutnya.
Igloo City, Arena

. Junk city, kota tetangga  dari beginner city, disini bossnya... uukh, saya lupa >.< pokokkny yang berhubungan dengan “Kotoran” deh, setelah itu kita  akan mendapatkan passcode ke kota selanjutnya.
Junk City

. Dark City, kota tengkorak, disini  kita akan melawan semua cecunguk2 suruhan digimon Emperor (ken, kalo kalian udah pernah nonton digimon zero two) yang dimulai dari igloo city (sepertinya) kita melawan beberapa evolusi dari Wor-mon digimon ulat yang lucu, yang jadi partner digimon emperor,dan terakhir kita akan melawan ken itu sendiri.
Dark City

. Setelah Dark city, kita akan masuk ke Pyramid city, disini ada takeru yang tampan juga digimon master yang memegang passcode, juga ada Rose-mon digimon yang awalny kalian akan melihat namanya sebagai “???????” yang akan menceritakan tentang keributan yang terjadi di dunia digital. Di pyramid City kita akan menemukan Fusion shop, disitu sama seperti fusion shop di flame cty, hanya saja lv yang bisa di fusion itu sekarang adalah ‘C’ (Champion).
Pyramid City, Arena

. Sehabis Pyramid, kita akan ke Sky city, di sky city, akan ada Wizardmon yang menanyakan tentang Spell Card, jika berhasil akan ada prize sebuah kartu langka, spell card nya bisa kalian tulis :
        - omnimon 1 : akan mendapatkan Omni-mon 1 card ber type api
        -omnimon 2 : akan mendapatkan Omni-mon 1 card ber type es
        -vmnmyotismon : Akan mendapatkan Venom-Myotismon card
        -mtlgarurmon : Akan mendapatkan Metal-Garurumon card
        -wargreymon : Akan mendapatkan Wr-greymon card
        -h-kabuterimon :Akan mendapatkan Hercules-kabuterimon card
        -piedmon : Akan mendapatkan Piedmon card
        -jijimon : Akan mendapatkan Jijimon card
Skycity
        -a-veedramon : Akan mendapatkan Aero-veedramon card
(NB: semuanya ditulis dalam hurf kapital, lho)








. Dari Sky city, kita akan masuk ke area berbeda, dan  masuk di Steep Road, di Steep Road, kita akan menemukan digimon brandal, seperti Gaburi-mon, Demi-devimon, dll. Boss arena di tempat ini adalah megadramon (atau gigadramon saya lupa, sepertinya giga, karena mega sama giga lebih gede giga.:P) kita akan 2 kali disuruh memasuki arena setelah memenangkannnya pertama kali, untuk kembali memenangkan battle melawan master arenanya, oia si tampan ken yang udah Insyaf juga ada disini lho, di season 2, kita akan menemukan Pixie-mon, dia bakal ngasih kita Seven card, (kalo kata saya kartu mantep nih).

Steep Road, Arena

. Setelah Steep Road, kita akan ke kota para sesepuh di dunia digital, “Wiseman Tower” di wiseman tower kita akan disuruh menantang semua master2 digimon di kota digital, antara lain, birdramon, metal-greymon, dll pokokkny semua karakter digimon karakter utama di anime Digimon Adventure.^^ disini kita juga akan menemukan fusion shop, di fusion shop ini lv nya sudah di mantapkan, kita bisa memfuion semua kartu, tidak terkecuali.^^ oia, di kota ini digimon “?????” menunjukan jatidirinya, yaitu adalah rosemon.heheheh

Wiseman Tower, Cafe

. Kota terakhir, adalah Infinity tower, disini master nya adalah Piedmon, mirip seperti di anime nya, yang 8 anak terpilih melawan  grup digimon jahat yang namanya “Dark Master”.^^ di kota  ini A akan muncul, dn mengambil alih tubuhnya venom myotismon, huuuh, semua partner2kita di buat berada di bawah tumpukan kartu,  teknik melawanny adalah, saat A muncul dia selalu munculin Demi-devimon sebagai awalan, dan untuk support cardnya, dia taruh download digivolve untuk berevolusi menjadi apokarimon dengan HP 2000 an gitu, special Attack dari apokarimon lebih dari 500, jadi kita gunakan digimon awalan kita yang HP nya lebih dari 500, dan memiliki efek “ O menjadi 0” gunakan terus menerus hingga  apokarimon kalah.



. Setelah menang, kita akan disuguhkan credit seperti halnya kita menyelesaikan game, tapi petualangan akan berlanjut, di season 2 ini kita akan melawan anak2 terpilih dari karakter anime digimon : Zero two, juga bertemu dengantai chi, sora, dan lain2 nya saat mereka sudah dewasa. Kemudian, kita akan memasuki Desert city, kota di ujung pulau, yang dapat di temukan setelah kita mengikuti instruksi tai chi di beginner city. Ada yang beda dari kota ini, masternya adalah myotismon, dia menyuruh kita untuk tidak memakai Option card untuk memasuki arenanya.


Cara bermain dan petunjuk2 nya




          Cara bermain nya sangat mudah lho, tidak sulit seperti board game lainnya. Tampilan arenanya bisa kita lihat seperti di bawah ini.

          Ketika penunjuk di arahkan ke kartu, akan ada penjelasan mengenai kartu yang kita pilih, seperti di tampiln diatas layar. Veemon, terdapat (circle,triangle, cross) crcle adalah serangan special dari kartu tersebut, triangle adalah serangan normal, dan cross adalah cpecial attack, special attack adalah, ketika kita memilih cross atack, efeknya akan keluar, untuk  Vee-mon terdapat type api foe x3, berrti jika musuh kita ber type api, attack x milik kita akan belipat sebanyk 3 kali, jika attack vee-mon tersebut 50, brrti attackny akan dikalikan 3. Kalian melihat DP, Dp adalah Digivolve point,digivolve point adalah poiny yang kita kumpulkan untuk berevolusi. Kalian bisa melihat point evolusinya di sebelah kanan 3 attack yang  saya sebutkan tadi, dp + adalah jumlah point yang berguna untuk melakukan evolusi, +P adalah jumlah pount yang akan bertmbah ketika kita memasukan kartu tersebut ke dalam Dpslot.

          Sebelum bermain kita akan di arahkan untuk memilih 2 buah kartu, kartu yang kita pilih menandakan giliran keberapa kita akan mulai bermain. Ketika sudah masuk, (anggap saja kita giliran pertama) kita di minta untuk men-summon/ memanggil digimon awal kita ke arena, setelah itu kita diminta untuk memasukan kartu digimon yang ada di tangan kita untuk di masukan ke DP slot. Setelah selesai, biarkn lawan kita yang me;lakukan hal yang sama seperti kita, setelah siap, kita akan di hadapkan ke pemilihan attack, segitiga, lingkaran, dan silang, kita pilih sesuai keinginan kita. :P
 perhitungan point dapat dilihat di bagian paling kanan dari kartu yang ada di tangan kiota, sebuah cahaya hijau, itu menunjukn point kita ketika kita bisa mengalahkan digimon lawan, cahaya akan menyala. Game selesai ketika salah stu pemain sudh menyalakan ke-3 cahaya di samping tersebut, atau sudah mengalahkan ke-3 digimon lawan terlebih dahulu.

Contoh kartu card battle di dunia nyata

Ada penjelasan tentang X effect di game ini, X effect adalah efek yang ditimbulkan ketika kita memilih pilihan X untuk attack kita, tapi akan kita bahas di postingan selanjutnya yak.hehehhe (cape)
yuup, sampai berjumpa di postingan selanjutnya, tetap semngat, mebaca, karena membaca mebuat dunia akan menjadi lebih sempit.
Mata nee.
Sankyu untuk perhatiannya.
^^

2 Ocehan:

  1. Replies
    1. terima kasih. :)

      masih ada penjelasan tentang X effect. :D
      tapi ampe sekarang belum di post. hehehehe

      Delete

Silahkan Berkomentar disini.
berkomentar lah yang baik dan sopan. Terimakasih. ^_^

Satriyo Adhie. Powered by Blogger.