January 21, 2014

DATA WHATSAPP MEMBENGKAK?

Ada yang mengeluhkan jika data aplikasi Whatsapp terus-menerus bertambah. Saya juga demikian. Data WA (Whatsapp) saya sampe 90 MB dan pastinya itu menguras memori internal kita. Bagi yang memiliki handphone android dengan internal yang besar mungkin itu masalah sekian, tapi bagi yang memiliki internal yang kecil, itu menjadi masalah utama.
Ada yang menggunakan partisi internal, tapi mungkin tetep aja, data pada whatsapp bisa bertambah dan makin menguras memori partisi kita. Ada yang suka ngapus data nya, kalau di apus mau gak mau setiap kita akan masuk ke WA, kita harus konfirmasi nomer telpon kita untuk di sinkronisasi dengan WA itu sendiri, kan?
Setelah nyari, ubek sana-sini, browsing, saya dapet pencerahan. Lupa blog yang ngasih tips ini, tapi berguna buat saya yg memiliki handphone dengan internal kecil.
Tips nya hanya tinggal menghapus File di folder Log yang ada pada data WA itu sendiri. Step-step nya bisa kita liat disini:

  • o   Buka file explorer yang dapat melihat system kita, kalo saran saya coba pake Root explorer soalnya sih make juga saya nya. J kalo ada yang lain kalian juga bisa.
  • o   Setelah di buka, masuk folder data.




  • setelah masuk ke folder data kita cari folder data lagi


  • dari folder data diatas, kita cari folder Whatsapp (com.Whatsapp)




    • sudah masuk, kita cari folder files. didalam foder files terdapat beberapa folder lagi. pilih folder Log, dan hapus folder log yang ada.
      (bisa kita lihat, pada folder Logs, banyak file yang berukuran besar berada disana, itulah yang dapat membuat data pada Whatsapp kita membeludak.^^)




    • 12 Ocehan:

      1. Replies
        1. senang bisa membantu. :)
          oia, ini berlaku buat BBM juga yak.
          caranya sama.
          cuma masuknya com.bbm. :)

          Delete
      2. gan ktika sy hapis file log di watshap berkerja filenya brkurang,tapi ktika di pake u bbm kok gk brhasil..mohon solusinya.tq

        ReplyDelete
        Replies
        1. kadang ada yang work untuk beberapa BBM, gan.
          kalo di saya ngapus file log di BBM cuma berkurang sekitar 6-7 MB aja.

          Delete
      3. tips sukses WA dari 183MB jadi 13.6MB , thanks membantu

        ReplyDelete
      4. Kok di folder "\data" di root hp saya, tidak ada isinya?...

        ReplyDelete
      5. Apakah database whatsapp di file manager bisa berkurang sendiri tanpa kita menghapus pesan? Karena saya tidak merasa menghapus pesan tapi ukuran data base saya di file manager terkadang berkurang 1 sampai 5 mb. Mohon penjelasannya

        ReplyDelete
        Replies
        1. untuk hape sekarang udah lebih canggih sih, metode ini saya buat dulu karena dulu banyak yang ngeluhin data whatsappnya ngebeludak.

          kalo untuk problemnya agan, saya malah baru tau kalo data bisa berkurng sendirinya. :/

          Delete

      Silahkan Berkomentar disini.
      berkomentar lah yang baik dan sopan. Terimakasih. ^_^

      Satriyo Adhie. Powered by Blogger.