August 09, 2014

Sedikit budaya Indonesia yang hampir hilang

Budaya itu apa sih?
kayak yg pernah saya jelasin di postingan dulu -dulu, Budaya itu adalah kebiasaan, gaya hidup yang berkembang dan sudah di wariskan dari generasi ke generasi. singkatnya Budaya adalah kebiasaan yang udah mendarah daging deh. :D

apa sih yang membuat Budaya menghilang? biasanya budaya menghilang karena ada campur tangan dari budaya luar. ya bisa kalian liat sendiri sih yak gimana bentuknya.
berikut budaya - budaya yang udah mulai lenyap di Indonesia, kalian kalian juga kayaknya pasti pernah denger sih, dari orang tua kalian juga, atau bahkan pernah kalian temui dengan mata kepala kalian sendiri:)

Budaya Memakai Pakaian Yang Sopan
Dahulu kala Indonesia memiliki budaya ini, jadi cewek-cewek yang pergi ke luar rumah dengan pakaian minim dikit dianggap tabu, bahkan bisa-bisa malah dianggap aneh bagi sebagian orang terus ya terus dicuekin oleh masing-masing orang.
Budaya Gotong Royong Dan Saling Tolong Menolong
Dahulu kala Indonesia ini dikenal sebagai negara yang suka tolong menolong.  Masih inget ane kalau di desa ada orang yang bikin rumah, bisa bisa satu desa bantu bikin rumah ya ntar tuan rumahnya ngasih upah dikit gitu, tapi ya seikhlasnya.  Terus lagi kalau tiap minggu gitu biasanya nih orangnya pada bersihin desa gitu, kalau pas lagi musim panen gitu ya pada kumpul ke sawah.
Budaya Indonesia Ramah Banget
Dahulu kalau di desa ada orang lewat pasti yang duduk gitu atau yang lewat nyapa, “eh pada mau kemana ini ?” gitu atau kalau yang lewat itu masih lihat yang dilewatin bersih-bersih, ya basa basi gitu “ wah lagi bersh-bersih ya jeng ?” hehe padahal dah tau kalau lagi bersih-bersih, terus dilanjutin, disuruh mampir dulu, terus nolak dengan baik gitu hehe.
Budaya Indonesia Kalau Anak Perawan Gak Boleh Keluar Malam
Hehe, kalau ini sampai dibuat cangkrimannya nih, katanya perawan itu singkatan dari “yen pepara wayah awan” yang artinya jika keluar ya ketika diwaktu siang.  Budaya Indonesia yang satu ini mang agak mulai musnah sih, katanya emansipasi gitu, tapi ya entahlah yang bener yang mana, kalau menurut ane sih budaya Indonesia yang satu ini baik kok soalnya mengajarkan bahwa anak gadis itu bahaya kalau keluar malam, jikalau keluar ya mbok ditemenin ayah atau kakaknya gitu.  Apalagi kalau keluar malam biasanya identik dengan gadis-gadis yang gak bener, oleh karena itu budaya ini bertujuan untuk melarang hal tersebut.
Budaya Indonesia Pake Bahasa Karma Ke Orang Yang Lebih Tua
Budaya Indonesia yang satu ini khusus di jawa ye, khususnya di jawa tengah.  Nah kalau dulu dari sd sampai sma di jawa tengah itu ada pelajaran yang namanya bahasa jawa, gak tau kalau sekarang masih ada atau gak, ya tujuannya mengenalkan unggah-ungguh gitu.  Tapi katanya ada yang berpendapat ini itu bikin orang rendah diri, gak tau darimananya rendah dirinya haha. .  menurut ane bagus kalau bisa memakainya, kalau gak bisa, ya pakai bahasa Indonesia aja

0 Ocehan:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar disini.
berkomentar lah yang baik dan sopan. Terimakasih. ^_^

Satriyo Adhie. Powered by Blogger.