December 21, 2015

Yuk mulai membuat Komik

yup, lanjutan dari post Langkah awal membuat komik kemarin, sekarang saya coba lanjut bagaimana membuat komik itu sendiri menurut pengalaman pribadi. Langsung aja alat yang saya gunain untuk membuat komik

1. Pensil Mekanik
Pensil Mekanik
Pensil mekanik ini saya gunakan selain praktis (gak perlu di serut) isinya juga beragam, mulai dari 2B, HB, dan lain sebagainya. saya gunakan untuk membuat sketsa, banyak yang nyaranin make yang HB karena lebih tipis. Itu selera, karena saya tipe yang irit hahahhaha saya gunain jenis 2B tapi jangan telalu di teken untuk narik garisnya. Untuk merk dan isi nya sih bervariasi tergantung selera.
Harga untuk pensil mekanik beragam mulai dari 2000-5000 rupiah. begitu juga untuk isinya.

2. Penggaris
Yaaaa, gak perlu dijelasin juga kali ya untuk merk penggaris dan sebagainya, karena selama benda itu halus, terus lurus, ya bisa di gunain untuk penggaris. hahahahha

3. Drawing Pen
nah, ini yang penting untuk menggambar, guna nya untuk mempertegas sketsa yang sudah kita gambar,banyak merk juga untuk tiap drawing pen yang ada jadi tergantung selera kalau saya sih make mirip "manusia salju" hahahahah
naah untuk menebalkan garis di karakter saya sih nyaranin make drawing pen ukuran 0.05. saya sendiri make ukuran 0.05, 0.3, dan 0.4. Selain warna hitam Drawing pen ini ada juga yang berwarna putih.
Harga Drawing pen ini saya hanya tau yang merk seperti di atas, sekitar 9000-10.000 rupiah

4. Tinta
nah, kalau garis udah kita buat, pasti pewarnaan karakter di perlukan. nah untuk mewarnai karakter yang mungkin hitam putih, tinta di perlukan, Conrohnya tinta ini
Gambar di atas kita itu salah satu tinta yang banyak di gunakan untuk keperluan pemberian warna untuk komik. Menggunakan tinta bak cina ini bisa dengan cara menggunakan kuas, juga pen yang bisa refill dengan tinta. Selain menggunakan ini ada alternatif lain yang saya gunakan, yaitu menggunakan spidol yang biasa di gunakan untuk menulis di whiteboard.
Tinda bak cina ini banyak yang menyebutkanharganya sekitar 5000-7000 rupiah. saya menggunakan tinta isi spidol biasa. untuk spidol snowman sendiri harganya 7000-8000 rupiah.

5. Tinta Putih, correction pen
tinta putih ini  bisa di ganti menggunakan tipe-x yang umum digunakan untuk menimpa tulisan yang salah. 
seperti fungsi pada umumnya, tinta putih ini bisa kita gunain untuk menimpa gambar yang salah, menggunakannya harus hati-hati lho.

6. Screentone
Selain tinta, Screentone bisa kita gunakan untuk memberi warna pada komik kita. pernah lihat warna selain htam di komik ? atau efek bayangan ? kebanyakan mereka menggunakan screen tone. selain itu bisa kita gunakan untuk membuat efek pada komik kita agar lebih bagus.

sejujurnya, saya gak make screentone.
untuk harga screentone sendiri luayan mahal, sekitar 50 ribuan gitu. tapi kalo kalian mau, ada banyakalternatif untuk menggunakan screentone, kalian bisa cek di Devianart dan ketik di pencarian "screentone" di situ banyak di share gambar untuk efek screentone itu. tinggal kalian download, dan print.

munkin sekiranya itu aja yang memang di butuhkan untuk membuat komik. Dari beberapa alat yang saya share, saya ngegunain itu kok. :)
jika kalian gak bisa menggambar menggunakan aplikasi yang ada, kalian bisa ngegunain alat sederhana tesebut untuk membuat komik kalian sendiri.
:)
Sekian info dari saya, jika ada pertanyaan bisa kalian komen di tempat yang sudah di sediakan. hehehehe
sampai jumpa.
untuk melihat komik yang saya buat, bisa klik di sini meski menggunakan pesnil untuk keseluruhannya sih.

0 Ocehan:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar disini.
berkomentar lah yang baik dan sopan. Terimakasih. ^_^

Satriyo Adhie. Powered by Blogger.